Antialiasing GIMP Tidak Berjalan

Gimp merupakan aplikasi manipulasi citra free/libre open source yang paling populer, baik di kalangan pengguna GNU/Linux, Mac OS, maupun Windows. Sebagai pengguna tetap, saya sempat menemukan satu permasalahan di Gimp yang cukup menjengkelkan. Antialiasing pada teks tidak bekerja dengan baik. Al-hasil, teks yang dibuat pun memiliki rupa yang sangat tidak mengenakkan. Perhatikan gambar di bawah ini.


Antialiasing tidak berjalan
SSD RADEON


Teks dengan warna apa pun akan menjadi warna hijau pada bagian tepinya. Tentu saja hal ini sangat menyebalkan, terutama jika kita hendak membuat sebuah gambar dengan banyak teks di dalamnya, semisal poster.
Setelah mondar-madir dan keluar masuk forum, akhirnya saya pun menemukan “solusi” untuk mengatasi hal ini. Solusi ini memang tidak 100% membuat teks menjadi bagus, hanya saja jauh lebih baik daripada sebelumnya. Satu hal yang saya pahami, mengolah teks berupa vektor dan bitmap adalah dua hal yang berbeda dari segi rupa dan penanganan.
Jadi, bagaimana solusinya? Baik, langsung saja. Silakan buka terminal dan jalankan beberapa baris perintah di bawah ini.
1
2
cd ~/.gimp2-8
gedit fonts.conf

Seketika, akan terbuka aplikasi gedit. Gedit dapat Anda gantikan dengan aplikasi pengolah teks favorit Anda. Silakan salin tempel mantra berikut ke dalam jendela gedit yang terbuka tadi.

Simpan dan tutup gedit, kemudian jalankan ulang Gimp Anda. Kurang lebih hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Hasil


Tutorial ini pernah saya jalankan di distribusi BlankOn dan Manjaro Linux. Sekadar saran, untuk memperbesar ukuran teks, hindari melakukan scaling melalui scale tools, gunakanlah pengaturan ukuran huruf yang terdapat pada kotak alat.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Your browser is out-of-date!

Update your browser to view this website correctly. Update my browser now

×