Pengalaman Klaim Garansi Produk Bardi
Untuk yang belum tahu, Bardi adalah perusahaan yang mengembangkan produk-produk pintar rumah tangga, seperti Smart Bulb, IR Remote, Smart Wall Socket, hingga LED Strip. Semua produk ini sudah kompatibel dengan layanan perintah suara dari Alexa, Siri, dan Google Assistant.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang pengalaman melakukan klaim garansi produk Smart Bulb atau lampu pintar dari Bardi (nanti saya sebut SBD aja biar praktis, hehe) beberapa hari yang lalu.
Sekitar semingguan lalu, SBD di kamar saya mulai ‘bertingkah’ aneh. Keanehan ini ditandai dengan beberapa jadwal otomatisasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, lampu tetiba menyala di luar jadwal, dan yang kadang ngeselin adalah ketika diset redup, SBD tetiba seperti berkedip terang lalu redup (mirip2 kalau kita liat kilat lah). Hingga pada akhirnya, saya matikan SBD melalui saklar utama. Apesnya, setelah dimatikan lewat saklar, SBD sering susah dinyalakan apalagi terhubung ke ponsel, hingga akhirnya SBD benar-benar mati.
Sekadar informasi, SBD ini saya beli sekitar Februari tahun lalu, jadi bisa dibilang sudah habis masa satu tahun garansinya. Iseng saya bertanya tentang permasalahan ini melalui fitur chat di apps Bardi. Setelah menjelaskan apa yang terjadi, CS Bardi tersebut mengarahkan saya untuk mengirim perangkat ke Collection Point terdekat untuk dilakukan pengecekan barang.
Awalnya saya ragu, mengingat masa garansi sudah habis. Tapi karena CS Bardi mengatakan hal tersebut bukan masalah untuk sekadar pengecekan, alhasil saya pun mengirimnya.
SBD saya kirim ke Collection Point di Yogyakarta, tepatnya di Compass Toko Komputer II Bardi Distributor Congcat Sleman dan kemudian mengisi form pengiriman barang sesuai instruksi CS Bardi.
Tak lama setelah barang sampai, petugas Collection Point Compass menghubungi saya terkait barang yang telah mereka terima, dan benar adanya ternyata SBD saya tersbut dinyatakan bermasalah. Secara rinci petugas petugas tersebut menjelaskan bahwa dikarenakan masa garansi sudah habis jadi sebenarnya klaim garansi tidak dapat dilakukan, saya pun sangat mafhum dengan hal ini.
Akan tetapi, Collection Point Compass ini menyebutkan bahwa mereka memiliki kebijakan untuk mengganti barang saya dengan barang baru karena barang sudah telanjur dikirim. Saya agak terkejut sih, hahaha. Mereka menjelaskan bahwa kebijakan penggantian ini berbeda-beda di tiap distributor Bardi. Bahkan untuk penggantian barang sampai pengiriman barang baru pun, saya tidak dikenai biaya sama sekali, wow!
Boleh dibilang pelayanan di Collection Point ini benar-benar memuaskan customer, setidaknya saya pribadi merasa senang dan puas dengan pelayanan mereka yang sat-set dan cepat. Terbukti, selang dua hari kemudian SBD unit baru yang mereka kirim telah sampai di rumah dengan selamat :")
Well, ini sekelumit pengalaman pengecekan kerusakan yang berujung jadi klaim garansi untuk produk Bardi. Special thanks to Compass Toko Komputer yang udah berkenan ganti unit SBD saya, sukses selalu.
Pengalaman Klaim Garansi Produk Bardi
https://raniaamina.id/pengalaman-klaim-garansi-produk-bardi/