Paket Inkscape 1.1 untuk Pengguna Debian dan Sanak-turunnya

Inkscape 1.1 versi stabil sudah diluncurkan hampir sebulan lalu. Animo dari para pengguna Inkscape menyambut rilis mayor ini sangat luar biasa. Mereka yang “beruntung” dapat mencicipi beragam fitur terbaru dari 1.1 ini secara native dengan memasang Inkscape dari repositori utama distronya. Sebagian yang lain mesti berpuas diri dengan menggunakan flatpak, AppImage, atau mungkin sialnya lagi, snap.

Saya termasuk pengguna distro yang belum kebagian update dari repo utama distro. Namun demikian, untuk saya hal ini bukan masalah, karena toh saya bisa mengkompil rilis ini dengan mudah seperti halnya yang saya lakukan sebelum 1.1 stabil resmi dirilis. Akan tetapi, bagaimana dengan yang lain? Meskipun mengkompile ini sebenarnya mudah, namun tetap akan menjadi masalah bila belum memilki pengalaman sama sekali atau perangkat yang dipakai kurang memadai. Sempat saya coba melakukan kompil ini diperangkat lawas memerlukan waktu hampir 2 jam untuk menunggu proses selesai (belum lagi kalau gagal).

Berangkat dari situlah saya terpikir untuk membuat paket Inkscape yang dapat didistribusikan ke banyak pengguna Inkscape yang belum kebagian jatah update ke 1.1 dari repo utama distro yang mereka gunakan. Meskipun terbatas hanya untuk pengguna Debian dan turunannya, semoga ini bisa membantu banyak pengguna yang ingin sekali merasakan fitur-fitur termutakhir Inkscape.

Btw, mungkin muncul pertanyaan. Kenapa cuma Debian aja yang dibikinin? Ya karena saya pakainya Debian hahaha. Itu pun juga untuk debian 10 ke atas. Perlu diketahui bersama, Inkscape 1.1 ini membawa banyak perubahan masif di paket-paket pendukungnya. Nah beberapa paket ini, tidaklah tersedia di repo distro-distro versi lawas. Urusan dependensi ini cukup compicated, jadi untuk keselamatan bersama hanya distro-distro tertentu juga yang bisa saya buatkan paketnya. Apakah nanti akan bikin untuk versi yang lawas juga? Hmm, bisa jadi sih, tapi tentunya dengan banyak trik-trik khusus.

Sangkalan di awal, paket-paket yang saya buat ini menggunakan kode sumber Inkscape 1.1 stabil yang tersedia di halaman resmi Inkscape. Silakan gunakan dengan kesadaran risiko ditanggung penumpang :”). Saya dengan senang hati berkenan untuk diajak berdiskusi bila ada kendala dalam pemasangan, namun untuk masalah bug pada Inkscape silakan laporkan melalui layanan tiket yang disediakan. Btw, thanks to Arsyifha yang bantuin ngoprek.

Distro Versi Download
Debian 10 (Buster)
Debian 11 (Bullseye) & Unstable
MX Linux 19.4
Deepin 20.2
BlankOn 11 Alpha (Verbeek)
Netrunner 21.01 (XOXO)

Beberapa permasalahan yang sudah diketahui;

  1. Pada MX-Linux perlu paket tambahan libomp5-11, untuk memasangnya cukup aktifkan repo backport Debian, atau bisa juga dengan mengunduhnya di sini.

  2. Pada Netrunner perlu paket tambahan libgspell-1-1, untuk memasangnya cukup aktifkan repo backport Debian, atau bisa juga dengan mengunduhnya di sini.

  3. Fitur extension manager kadang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini bug dari extension manager itu sendiri.

Jika kamu pengguna distro-distro turunan Debian lain yang belum tercatat di atas, silakan untuk bantu menguji dan berkabar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Komentar