SuperTux, Clone Permainan Super Mario (Ulasan Singkat)

SuperTux, Clone Permainan Super Mario (Ulasan Singkat)

Permainan Super Mario (SM) merupakan salah satu permainan yang cukup populer di era 90-an akhir. Permainan berupa petualangan dengan misi menyelamatkan putri itu tampil asik dengan visual dua dimensi. Saya pribadi suka dengan permainan ini, meskipun sebenarnya saya kurang begitu suka dengan permainan komputer maupun ponsel.
Kembali ke SM, saya pernah memainkan SM di desktop Linux ketika masih menggunakan BlankOn X Tambora. Ya, permainan ini tersedia di lumbung aplikasi BlankOn dan siap dipasang dan dimainkan oleh para pengguna BlankOn. SM di BlankOn ini, seingat saya, berjalan di atas Maleo. Untuk yang belum tahu apa itu Maleo, singkatnya, Maleo adalah HTML runner yang secara baku menjadi aplikasi bawaan BlankOn. Maleo ini memungkinkan penggunanya untuk mengeksekusi berkas html tanpa membuka peramban web. Tak jarang, saya menggunakan Maleo ini untuk membuat beberapa situs web menjadi “seolah” aplikasi desktop.


st-0.png
Super Mario dari lumbung aplikasi Blankon Linux

Meskipun SM di BlankOn dapat dijalankan, sayangnya pada level-level tertentu ia mengalami crash dan tentu saja ini membuat tidak nyaman. Lebih menyebalkan, SM versi ini tidak mengizinkan pengguna untuk menyimpan level permainan, sehingga ketika permainan dijalankan ulang, maka mau tidak mau permainan akan dimulai dari level awal lagi.
Sekitar dua hari yang lalu, saya sempat menonton sebuah tayangan di Youtube tentang permainan bernama Super TUx (ST) yang merupakan kloningan dari SM. Karena penasaran, saya pun segera menuju laman situs penyedia permainan yang beralamat di https://supertux.org/ ini. Sayangnya berkas binari permainan ini hanya tersedia untuk Mac dan Windows, untuk Linux web tersebut hanya menyediakan kode sumbernya saja. Tanpa pikir panjang, saya pun segera mengunduhnya.


st-1.png
Laman unduh SuperTux

Ukuran berkas permaian ini tidaklah besar, sekitar 80-an MB, sayangnya itu belum termasuk dependensi-dependensi lain yang diperlukan untuk menjalankan ST. Panduan pemasangan dijelaskan pada berkas INSTALL.md, termasuk paket-paket yang menjadi dependensi permaianan ini. Berikut merupakan kutipan paket-paket yang diperlukan sesuai berkas INSTALL.md

  • C++ compiler (choose one of the two options below):
  • GNU Binutils (or the BSD/OS X equivalent)
  • a shell and common POSIX command line tools
  • Note: To get these tools, you can install build-essential on Debian-based distros,
    base-devel on Arch-based distros and the Xcode Command Line tools on OS X.
    • CMake 2.8 or later: most package managers ship this as cmake
    • OpenGL headers and libraries: OpenGL libraries and headers are
      specific to your graphics card. Make sure that you have hardware
      accelerated OpenGL drivers installed. Software renderers like Mesa
      will make SuperTux unplayable slow.
    • SDL2 (2.0.1 or later)
    • SDL2_image (2.0.0 or later)
    • OpenAL: (1.0 or later)
    • C++ OpenGL library (choose one of the two options below):
  • GLEW or
  • glbinding

Catatan, untuk pengguna Debian seperti saya, disarankan untuk memasang paket dengan atribut -dev. Dari semua dependensi yang disebutkan di atas, hanya SDL2 dan SDL2_image saja yang saya unduh melalui situsnya, lainnya saya pasang melalui lumbung/repositori Debian. SDL2 dan SDL2_image pun saya unduh dalam bentuk kode sumber dan harus meng-compile sendiri secara berurutan.
Setelah semua dependensi terpasang, proses kompilasi ST pun saya jalankan. Proses ini memakan kurang lebih 20 menit di laptop AMD E1 saya. Setelah semua proses selesai, permainan pun dapat berjalan dengan mulus.

Permainan ST ini dimulai dengan sepenggal kisah antara Tux dan Penny yang sedang berlibur di Antartika. Ketika sedang asik-asiknya mengobrol, tiba-tiba dari semak-semak es muncul sebuah makhluk besar melompat yang memukul Tux hingga pingsan dan menculik Penny. Ketika tersadar, Tux mendapati sebuah surat yang ditujukan untuknya. Surat tersebut bertulis;

Tux musuh bebuyutanku!
Aku telah menculik Penny-mu yang cantik dan membawanya ke benteng.
Aku telah memerintahkan antek-antekku untuk berjaga di sepanjang jalan menuju benteng, menyerahlah!
Kamu tidak punya kesempatan!
–Nolok


st-3.png
Peta level pada SuperTux

st-2.png
SuperTux dan antek-antek Nolok

Setelah membaca surat tersebut, Tux pun memandangi benteng Nolok dari kejauhan dan bertekad menyelamatkan Penny. ST dapat dimainkan dalam dua mode; (a) story mode dan (b) contrib level. Meskipun ST merupakan klon dari SM, entah mengapa rasa-rasanya permainan ini memiliki tingkat kesulitan lebih dibanding SM. Hal lain yang menarik dari ST ini adalah adanya fitur pengaya yang memungkinkan pengguna untuk menambah worldmap pada permaianan. Dengan demikian, sangatlah mungkin permainan ini akan mendapatkan pembaruan tantangan dan arena petualangan secara kontinyu. Tertarik untuk mencoba? Bantulah Tux menyelamatkan Penny dari cengkraman Nolok!
–rea

Update:
Baru saja saya melakukan pengecekan, permainan ini rupanya tersedia di repositori Debian dan BlankOn (di distribusi lain pun kemungkinan tersedia). Untuk memasangnya, cukup jalankan perintah;
sudo apt install supertux

Komentar

Your browser is out-of-date!

Update your browser to view this website correctly. Update my browser now

×